Ngapain kalo liburan?

Intermezzo: suku gue itu Sikumbang.
Keren, ya?

Anyway, hai. It’s Friday. Hari ini gue libur, gak ada kuliah atau kursus. Walaupun sejak bangun jam 10 pagi tadi gue agak ragu apakah benar gue libur hari ini karena bulan-bulan terakhir ini gue agak-agak sibuk *kibas jilbab*

Tadi gue sempat mandi jam setengah 12 eh tapi harus diputus karena suatu hal jadi sekarang gue setengah mandi, meluncur ke kamar untuk mengambil Lepi, mengetik ngalor ngidul supaya ide ini tidak hilang. Dan eh, gue harus balik ke kamar mandi dulu. Tunggu ya.


20 menit kemudian….

Hai.

Seperti postingan gue sebelumnya tentang PI, postingan ini sedikit banyaknya mengenai itu juga. Mengenai mau melakukan apa ketika skripsi atau PI selesai?

Harus gue akui, masa kuliah gue ini sangat tidak produktif. Beda banget dari masa SMA 3 tahun lalu. Jadwal libur kuliah lebih banyak dari pada SMA walaupun tugas menjadi semakin banyak juga, berbanding terbalik. Hal ini harusnya dimanfaatkan gak, sih?

Nah, unfortunately, gue mendapatkan banyak opportunity untuk memanfaatkan masa kuliah dengan hal-hal bermanfaat dan keren lainnya justru ketika gue masih sedang ada jadwal kuliah. Ketika kampus-kampus lain sudah UTS, kampus gue baru masuk 1-2 minggu. Ketika kampus lain sudah UAS, kampus gue baru UTS. Ketika kampus lain sudah ada sidang, kampus gue baru proses ngerjain skripsi atau PI. Menyebalkan, ya?

Nah, jadi beberapa kali gue bolos kuliah dan praktikum untuk melakukan hal-hal ini. Hal-hal yang mungkin gak akan gue dapatkan dua kali. Walaupun gak semuanya bertema edukatif, hal-hal yang gue lakuin dan gak jarang membuat gue jadi gak bisa UTS dan jadi repot karena bisa ikut membantu kelompok menyelesaikan laporan akhir ini, gue gak menyesal udah melakukan itu semua. Karena seperti yang sudah gue bilang, things don’t come twice.

Jadi, gue akan membuat list tentang hal-hal yang bisa lo lakukan ketika libur. Bisa libur SMA mau masuk kuliah, libur semesteran kuliah, atau nganggur karena udah sidang dan tinggal nunggu wisuda.

PS. Most of below are my I-want-to-those things.

Ikut MUN atau MEU
Wah, ini seru. Jadi, gue pertama kali ikut MEU di Yogyakarta 2016 Juni atau Mei lalu kalo gak salah. Gue baru tahu kalau ada kegiatan beginian tuh awal tahun. Lambat banget emang perkembangan gue, gue mikirnya kalau gue tahu MUN atau MEU sejak awal, mungkin gue udah jadi MUN-er hahaha. Anyway, biasanya kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa IR (International Relations) tapi jangan khawatir kalau lo yang anak bukan IR tapi pengen ikut beginian. Gue ketemu satu anak teknik lainnya sewaktu di MEU, dia anak minyak kalau gak salah. Gue yang gak pernah dapat bekal mengenai cara berdiplomasi, membuat Position Paper dengan baik dan benar, draft bill itu apa, ketentuan pre-ambulatory dan operative clauses, dan sebagainya. Gue cuma baca study guide, sempat salah pas motion juga. MEU ini baru digelar 2x di Indonesia. Dua-duanya di Yogyakarta, jadi gue kinda lucky untuk bisa ikut MEU kedua di Indonesia.



Ikut Cultural Exchange
Nah itu juga seru, gue belum pernah sih tapi kepengen banget. Ini banyak banget di mana-mana, google aja keywords tertentu dan tadaaa, ketemu deh.

Ke Kampung Inggris
Ini gue juga belum pernah. Kayaknya lo bisa milih gitu mau berapa lama disitu. Linknya disini.

Travelling
Lo boleh pilih travel pake tour atau mau jadi clueless traveler. Bukan clueless-clueless amet, sih, ya sebenarnya soalnya lo pasti punya map, buku panduan, dan sebelumnya udah google sana sini mengenai tempat yang akan lo tuju.



Buka usaha
Wih, ini seru juga. Lo jago apa? Masak? Crafts? Coba bikin dan pamer ke media sosial lo, sambil promosi kalo lo juga ngejual barang itu. Atau pas lagi ngumpul bareng temen-temen, lo bisa bawa barang dagangan lo. Tapi inget, jangan banyak-banyak ya. kan niat awalnya mau ngumpul-ngumpul bukan buat jualan.



Volunteering
Ini mirip-mirip sama cultural exchange sih. Gue juga gak tahu kenapa musti gue bikin dua poin begini. Cari kegiatan volunteering bisa di Indorelawan atau kalau mau abroad, bisa ke AIESEC.



Part time atau Freelance
Kerja kecil-kecilan juga bisa kalo lo mau yang bergaji. Kerjanya gak 9-5, Cuma beberapa jam aja. Itu pun kalau memang sedang dibutuhkan. Tambahan, kalau lo jago nulis, coba aja freelance di media cetak, di web, atau di kantor fisik. Bisa lo cari di StudentJob.



Well, that’s all. Gue Cuma bisa nemu segitu nih. Kalau ada lebih, boleh loh ditambahin. 

Sources: 
http://theislandsun.com/wp-content/uploads/2015/09/tai1-900x450.jpg
http://www.statuswhatsapp.co.in/wp-content/uploads/2016/04/entrepreneur.jpg
http://www.nhs.uk/Livewell/volunteering/PublishingImages/why-volunteer_533x255_512194509.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-D4Qicp4ZlrA/VhJpK1jR32I/AAAAAAAAF80/mGP9pIl2En0/s1600/Freelance%2Bhiring.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW: The Face Shop VS Skin Food

Summer Beauty Tip

Son-In-Law